Pengalaman PJJ di Era Pandemi

Beberapa waktu lalu kita menyaksikan berita-berita dari berbagai media tentang merebaknya wabah virus corona di Wuhan, Tiongkok dan beberapa negara besar lainnya. Begitu besarnya pengaruh jahat dari virus ini mengakibatkan beberapa negara besar melakukan lockdwon sebagai upaya menghentikan penyebaran virus yang dikenal dengan nama virus covid-19 ini. Tanpa kita sadari, apa yang selama ini kita saksikan melalui media telah merebak ke negara kita. Bukan hanya di ibukota, bahkan saat ini hebohnya virus covid-19 sudah sampai di pelosok desa. Begitu cepat semuanya terjadi, begitu cepat suasana mencekam ini kita rasakan secara langsung.Pandemi virus corona atau covid-19 hampir mengubah cara manusia di dunia melakukan aktifitasnya, termasuk aktivitas belajar mengajar yang biasa dilakukan dengan datang ke sekolah dan bertemu guru juga teman-teman.

Kini aktivitas tersebut pun diganti dengan metode daring atau disebut sebagai "Pembelajaran Jarak Jauh". Dimana kita semua belajar di rumah, Sekolah saya pun melakukan PJJ tersebut sesuai aturan pemerintah. Pelaksanaan pendidikan selama masa pandemi Covid-19 seharusnya menjadi momentum untuk melakukan transformasi pendidikan. Bagi guru, situasi saat ini hendaknya menjadi kesempatan untuk melakukan transformasi pendidikan melalui kebiasaan-kebiasaan baru dalam pendidikan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya yakni transformasi dalam pembelajaran.

Pada awalnya kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakasanakan setiap guru mata pelajaran menggunakan sistem media aplikasi whatsapp. Dengan membuat grup pembelajaran dan membagikan setiap kelompok berdasarkan kelas, Setiap materi dan penugasan langsung disampaikan guru matapelajaran pada masing-masing kelompok kelas melalui grup aplikasi whatssapp. Materi dan video pembelajaran langsung disampaikan sesuai jadwal pembelajaran yang sehari-hari dilaksanan pada kegiatan pembelajaran disekolah.

Namun situasinya berbeda dengan situasi kegiatan pembelajaran  sebelumnya, Kegiatan pembelajaran biasa selalu dilakukan disekolah. Namun pada masa pandemi ini pembelajaran dilaksana secara daring dengan memanfaat media elektronik seperti handphone, laptop, komputer bahkan ada siaran-siaran televisi, Distatasiun televisi nasional yaitu TVRI yang selalu memberikan siaran pembelajaran, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak serta alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar yang disediakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dimasa pandemi.

Kegiatan pjj yang dilakukan tidak hanya menyajikan materi pembelajaran, Memberikan tugas pembelajaran, Memberikan arahan pembelajaran, Tetapi guru harus bisa menyesuaikan kegiatan pembelajaran ini dengan situasi kondisi yang dihadapi murid dan orang tua murid. Sehingga kegiatan pjj ini bisa berjalan dengan lancar. Dengan membuat kesepakan antara guru, orang tua murid dan murid menjadi salah satu peta konsep  yang diperhatikan guru sebagai tenaga pengajar yang akan melaksanakan tugasnya pada saat kegiatan pembelajaran dengan sistem daring.

Kendala eksternal lebih banyak didominasi oleh jaringan internet yang tidak mendukung ataupun kondisinya yang lemot. Bahkan di beberapa daerah banyak yang belum memiliki alat pendukungnya, seperti gadget, sehingga terpaksa mengandalkan warung internet untuk melaksanakan belajar secara online.

Kendala internal juga tak kalah banyak, mulai dari para orang tua yang mengaku kesulitan karena tidak memiliki penguasaan materi-materi pelajaran sekolah hingga anak yang kurang disiplin, karena mereka menganggap di rumah berarti libur. Selain itu, perubahan suasana hati dalam belajar online juga menjadi hal penting lainnya yang perlu dijaga. Lantaran, tugas sekolah yang terlalu banyak sehingga menimbulkan rasa bosan. Sedangkan, belajar dengan metode ini membutuhkan daya tangkap yang cepat.

Disamping itu, dari sisi tenaga pendidik misalnya, dengan memberikan materi belajar online dianggap lebih sulit dari pada tatap muka di kelas. Guru merasa kesulitan mengajak para siswanya untuk aktif, komunikatif bahkan di ruang diskusi yang sengaja diadakan. Sehingga orang tua harus dilibatkan sehingga ada komunikasi dengan para guru. Hal ini akan membuat anak jauh lebih nyaman belajar di rumah.

Di saat seperti sekarang ini model pembelajaran berbasis digital telah dimaksimalkan secara masif hampir diseluruh Indonesia. Meskipun juga model ini terbilang belum secara menyeluruh menjangkau lapisan sosial bawah yang ada di masyarakat. Karena pada dasarnya model pembelajaran ini juga mempunyai syarat yang harus di penuhi yakni akses terhadap informasi digital. Untuk itu jika ditinjau dari akses terhadap teknologi digital, tidak semua siswa mempunyai akses yang sama.

Teknologi dalam kegiatan daring ini berperan penting sebagai sarana dan prasarana kegiatan pembelajaran daring. Maka setiap guru dan siswa pada situasi pjj ini harus bisa menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Dengan cara mempelajari aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang kegiatan pjj. Aplikasi yang digunakan beraneka ragam dengan konten-konten yang menarik. Contohnya seperti whatsapp, google class room, zoom, google meet, bahkan ada aplikasi baru buatan Indonesia yaitu crayonpedia yang baru dirilis dan diresmikan menjadi aplikasi yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dengan konten dan tampilan yang sangat menarik. Dengan aplikasi yang serba canggih dan diseimbangkan cara penyampaian pembelajaran yang baik dapat membuat belajar daring menjadi menyenangkan dan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Tentunya menurut saya “Siswa akan senang belajar dimanapun dan kapanpun, Karna belajar itu harus diiringi dengan kesenangan, Agar tidak mudah bosan”.

Berikutnya adalah cara penerapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh penulis yaitu dengan cara setelah kegiatan awal yang penulis lakukan dengan melakukan pendekatan pada murid dan orang tua murid. Penulis memberikan video interaktif sebagai salah satu media untuk memberikan arahan pada tugas pembelajaran lalu dipostingkan pada aplikasi class room, dan dari hasil pengerjaan tugas tersebut akan ditindak lanjut dengan menerapkan pembelajaran daring secara interaktif menggunakan aplikasi pembelajaran video interaktif yaitu aplikasi zoom.

Jadi penulis dapat memberikan evaluasi dari materi pembelajaran yang dibahas. Selain pengalaman tersebut dengan adanya kegiatan pjj ini penulis suka mengikuti kegiatan workshop, seminar dan kegiatan guru belajar untuk memberikan tambahan pembelajaran dan tentunya buat menunjang kegiatan belajar mengajar pada kegiatan pjj. Kegiatan pjj ini bagi penulis adalah pengalaman yang memberikan tantangan dan tentunya penulis mendapatkan banyak ilmu baru tentang pengolahan sistem pembelajaran berbasis daring ini. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut menjadi salah satu bahan referensi dan kontribusi yang baik untuk dapat mengembangkan sistem pjj yang lebih baik lagi.

Selain metode penerapan pada saat menjalankan tugas pembelajaran penulis juga memperhatikan perancangan laporan pembelajaran. Laporan pembelajaran ini adalah bukti dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran pjj. Dengan adanya RPP model 1 lembar ini sangat membantu penulis dalam membuat laporan hasil kegiatan belajar, Namun yang penulis alami dalam kegiatan pjj ini laporan pembelajaran tidak hanya pada RPP saja tetapi harus ada bukti lampiran hasil kegiatan pembelajaran seperti : Foto siswa sedang mengerjakan tugas pjj, sempel foto lembar jawaban pjj, bukti penilaian berupa absen kegiatan pjj, penilaian tugas dan setiap 1 bulan sekali pengumpulan laporan kegiatan pjj rutin dilakukan kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Merdeka belajar merupakan salah satu bentuk semangat dalam memperjuangkan kemerdekaan belajar. “Raihlah ilmu setinggi langit, Karna ilmu itu tidak batasnya”.  Semangat terus dan selalu merdeka belajar baik luring maupun daring.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Created By Feby Online
Copyright @ 2018
Follow Me
Yahoo   Facebook   Instagram