Artikel Metode Pembelajaran Daring dan Luring


Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (Online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan

Belajar adalah kegiatan setiap individu yang terjadi karna adanya suatu perilaku untuk memperoleh suatu jawaban. Setiap individu dapat dikatakan belajar, Apabila individu tersebut berhasil mendapatkan jawaban dari suatu pertanyaan yang ditanyakannya. Momentum ini merupakan salah satu bentuk dari sistem pembelajaran yang dilakukan terkait indivudu, Karna adanya stimulus dan respon dari setiap individu. Dengan cara berfikir yang kritis setiap individu dapat menganalisa jawaban dan dapat memilih jawaban yang paling tepat. Untuk dapat mengukur hasil belajar, Setiap individu dapat menetarapkan dengan cara mengasah kemampuan baik secara pengetahuan maupun keterampilan dan diakhiri dengan menarik kesimpulan dari setiap akhir pembelajaran untuk mengetahui hasilnya.

Metode pembelajaran adalah suatu tatacara penyajian pembelajaran yang disajikan pemateri atau guru dalam melaksanakan kegiatan tugas mengajar. Suatu proses belajar itu tidak hanya sekedar proses memberi pelajaran saja. Akan tetapi metode pembelajaran itu terdapat proses penerimaan ilmu dari guru kepada murid. Dengan metode pembelajaran yang disajikan guru harus dapat mentrasfer ilmu kepada muridnya. Agar bisa dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal itu sangat perlu dilakukan guna membuat murid menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Dengan cara yang tepat dapat membuat murid tidak gampang merasa jenuh atau bosan pada saat kegiatan belajar. 

Dalam proses pembelajaran tentu akan dijumpai berbagai macam kondisi, situasi atau tipe murid yang beraneka beragam. Sehingga ada beberapa media pembelajaran yang dipraktikan dalam kegiatan pembelajaran yaitu : 1) Media Visual : Secara umum berfungsi lebih menekankan penggunaan tampilan-tampilan yang dapat menarik perhatian mata. Misalnya saja diagram, grafik, bagan, dan poster,  2) Media Audio : Menekankan pada penggunaan pendengaran. Beberapa contohnya adalah tape recorder, 3) Media Video : menyampaikan berbagai informasi melalui gambar yang bisa bergerak. Misalnya video animasi dan komputer 

Dimasa pandemi covid 19 ini kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah memadukan sistem pembelajaran daring dan luring. Dimana sistem pembelajaran daring ini adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggunakan media internet. Dimana guru memberikan interaksi kegiatan pembelajaran tatap muka dengan murid menggunakan saluran internet, Dapat berupa video teleconference, google meet, zoom dan aplikasi lainnya yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran daring. Dalam kegiatan daring ini alat bantu yang digunakan agar dapat mengakses internet yaitu handphone, komputer, netbook, laptop dan aplikasi pendukung untuk dapat mengakses internet. Sedangkan luring adalah penyajian tugas-tugas pembelajaran dari kegiatan daring yang dilaksanakan. Untuk tugasnya bisa disajikan dalam bentuk format file dokumen, file peresentasi maupun file dalam bentuk gambar. Dengan kegiatan tersebut tentu perlu dilakukan persiapan bagi guru dan murid. Persiapan guru sebagai tenaga pendidik pada sistem kegiatan belajar mengajar daring yaitu kreatifitas, keterampilan dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi sangat diperlukan untuk membimbing murid dan menunjang kegiatan pembelajaran agar bisa menjadi menyenangkan, Tentunya dapat menggairahkan semangat murid, Sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan. Sedangkan untuk murid yang perlu disiapkan adalah penyesuaian dari media pembelajaran yang akan diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Untuk tidak lanjutnya guru harus mengetahui kondisi siswa dan orang tuanya dirumah. Tidak lanjut ini dilakukan agar kegiatan pembelajaran daring dan luring ini pelaksanaannya menjadi lebih efektif dan efesien.

Dengan kretifitas menyajikan materi pembelajaran, dan dipadukan dengan keterampilan penggunaan teknologi ini dapat menjadikan kegiatan pembelajaran daring maupun luring menjadi berkualitas, menyenangkan dan tujuan dari pembelajaran dapat tersampaikan dengan sebaik-baiknya.


Penulis

    
Feby Febrian, S.Tr.Kom
Dilahirkan di kota Bandung, tepatnya Jalan Damar No 11, pada tanggal 02 Februari 1994. Merupakan anak ke pertama dari dua bersaudara dari pasangan Beni Setiana dan Ruli Murtiati. Menempuh pendidikan dimulai dari SD Cemara (lulus tahun 2000), SMP Kartika Siliwangi 2 (lulus tahun 2006), SMK Vijaya Kusuma (lulus tahun 2012), dan Politeknik Piksi Ganesha (lulus tahun 2018). Penulis adalah guru SMK LPPM RI 1 Bandung, yang mempunyai hobby olahraga dan mengoperasikan aplikasi komputer. Mempunyai cita-cita menjadi programmer handal dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, agama, nusa dan bangsa​.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Created By Feby Online
Copyright @ 2018
Follow Me
Yahoo   Facebook   Instagram